Senin, 17 Mei 2010

Tips Menulis Karya Ilmiah Populer

Tips Menulis Karya Ilmih Populer
thursday, September 22. 2005



Ilmiah populer adalah sarana komunikasi antara ilmu dan masyarakat.Sudah menjadi budaya,jurnalilmiah di tulis dengan bahasa ilmiah untuk kalangan elit yaitu para ilmuan yang memahami topiknya.Kalau sudah begitu jadinya,maka ilmuan hanya menjadi ilmuan,bukan milik masyarakat.Padahal peran utama iptek adalah untuk kemashlahatan pemduduk bumi:semua makhluk hidup.Di sinilah peran jurnalismus mjd para PR iotek mjd sarana komunikasi antara ilmu dan masyarakat.

tujuan utamanya adalah usaha sosialisasi aplikasi teknologi informasi dan komunikasi memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.

Menyajikan value added


Penulis memilih sudut pandang yang unik:Belajar hacker itu penting untuk keamanan.Dengan penyajian ini,pembaca merasa perlu belajar ilmu si penulis : ada value added dari topik yang di sajikan.

Memperkenalkan ilmu atau temuan baru


Memperkenalkan ilmu atau temuan baru serta mengaitkan dengan kebutuhan masyarakat adalah salah satu tugas penulis ilmiah populer.Dengan memperkenalkan iptek, tingkat acceptance iptek itu sendiri semakin bertambah di kalangan masyarakat.



Meramu karya ilmiah populer

Sudah terkumpul, tahap berikutnya meramu bahan-bahan menjadi tulisan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar